FITUR-FITUR PADA SOCIAL MEDIA

 Nama                                     : Kadek Swasty Maha Rani

NIM                                        : 2105551004

Prodi/Fakultas/Universitas     : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana

Mata Kuliah                            : Aplikasi Social Media (A)

Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.


https://belajardm.com/wp-content/uploads/2020/06/apa-yang-dimaksud-media-sosial.jpg
Pada setiap aplikasi dan layanan social media tentunya memiliki fitur-fitur yang memperkaya social media tersebut serta menjadi pelengkap yang membantu fasilitas pelayanannya. Fitur-fitur ini lah yang menjadi ciri khas suatu social media itu masing-masing. Hal ini pun menjadi salah satu nilai lebih atau nilai tambah terhadap ketatnya persaingan bisnis yang terjadi di dunia industry IT, khususnya social media. Dalam setiap social media terutama yang bergerak di bidang yang sama tentunya akan memiliki penyediaan fitur yang hampir serupa karena memang terkait kebutuhan ataupun persaingan. Meskipun di antara banyaknya social media yang ada dan terdapat fitur-fitur layanan yang mirip, namun setiap social media akan berusaha membuat perbedaan tersendiri, baik dari segi kualitas ataupun dukungan fitur lainnya.


Fitur pada social media WhatsApp

Contoh social media dengan fitur-fiturnya misalnya pada social media  dalam kategori instan messenger seperti WhatsApp, LINE, dan telegram. Fitur-fiturnya seperti chatting, call, video call, voice record, mengirim foto dan video pada kontak, dan lain-lain. 


Jika diperhatikan fitur-fitur yang mereka sediakan hampir sama, meskipun demikian ada beberapa fitur yang berbeda. Seperti pada telegram tidak terdapat fitur untuk memposting baik foto maupun video yang bisa dilihat oleh teman di social media tersebut seperti pada Whatsapp dan LINE. Contoh lainnya pada social media video sharing yaitu youtube. Beberapa fitur yang disediakan yaitu pencarian, notifikasi, fitur penghubung ke perangkat lain seperti TV, koleksi video, dan lain-lain. Sebagai pengguna youtube kita juga bisa memanfaatkan fitur untuk membuat chanel sendiri dan mengunggah konten yang kita buat, membuat short video, serta bisa melakukan live streaming.

Fitur pada Youtube



    

http://pa-girimenang.go.id/wp-content/uploads/2015/08/proses.jpg


Terciptanya fitur-fitur dalam social media melaluli tahapan yang sama dengan pengembangan suatu project. Di dalam perkembangannya, social media memerlukan metodologi layaknya sebuah penelitian maupun pengembangan software pada umumnya. Mulai dari merumuskan masalah, menentukan desain solusi, implementasi, kemudian pengujiannya, dokumentasi, dan Kembali lagi ke implementasi dan pengujian.

 

Dalam hal pengembangan fitur dan layanan di social media, tidak semuanya menyediakan pengembang dan proses pengembangan dari fitur yang mereka sediakan untuk penggunannya. Beberapa diantaranya ada yang menempuh cara praktis dan cara khusus mereka sendiri. Cara praktis yang dimaksud yaitu melakukan akuisisi atau membeli sebuah fitur, lalu dimasukan ke dalam sistem mereka kemudian dinyatakan sebagai brandnya. Sedangkan cara khusus yaitu melakukan akuisisi lalu mematikan produk tersebut agar produk mereka yang menguasai pasaran.

Fitur yang dikembangkan pada social media semakin unik dan semakin bermanfaat bagi para penggunanya sehingga social media tersebut pun semakin laris di pasaran dan jumlah penggunanya meningkat. Jika pada social media tidak terdapat pengembangan fitur atau fitur yang tersedia kurang mendukung maka lambat laun social media tersebut akan sedikit pengguna dan terancam mati. Sama halnya dalam software terdapat SDLC (Software Development Life Cycle) yaitu daur hidup software, yang terus pemperbaharui. Hal ini juga yang menyebabkan social media mengalami perkembangan, perubahan, dan penambahan fitur.

https://bisnisukm.com/uploads/2020/08/Ini-Dia-Pengaruh-Sosial-Media-Pada-Bisnis-Di-Era-Milenial.jpg

    Segala bentuk pengembangan pada social media memberi dampak terhadap dunia ekonomi dan bisnis. Perkembangan fitur dan layanan pada social media berpengaruh pada tinggi omzet, saham, bisnis perusahaan, dan negara. Contohnya dapa Instagram yang saat ini terdapat fitur mall untuk mempermudah pada pengguna baik menjual maupun membeli barang dari pengguna lainnya. Tentunya hal ini akan berdampak pada perkembangan perekonomian yang secara tidak langsung berdampak pada lingkungan dan negara.

Referensi :
Pemaparan materi pertemuan kedelapan tentang “Fitur-Fitur Pada Social Media” oleh I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T

//capture kehadiran//










Terima Kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Continual Service Improvement

Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Service Transition