Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Service Transition
Nama : Kadek Swasty Maha Rani
NIM : 2105551004
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Layanan TI (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
SERVICE TRANSITION
Lima bagian utama ITIL Framework
1. Service Strategy
2. Service Design
3. Service Transition
4. Service Operation
5. Continual Service Improvement
Pada artikel ini kita akan membahas bagian utama pada ITIL Framework berikutnya yaitu Service Transition.
Service transition atau disebut juga transisi layanan merupakan panduan, dokumentasi, atau handbook untuk perusahaan berbasiskan TI untuk dapat
mengembangkan layanannya serta mampu mengubah hasil desain layanan TI yang telah dibuat sebelumnya ke dalam bentuk implementasi layanan TI. Perubahan desain ini adalah perubahan dari desain layanan Ti yang baru dan desain layanan TI yang telah ada ke dalam lingkungan operasional. Sehingga akan terjadi sebuah daur hidup atau lifecycle yang bergerak dari service strategy ke service design lalu ke service transitition dan berlanjut ke service operation.
Service transition bertujuan untuk membantu perusahaan dalam membuat perencanaan dan pengelolaan terhadap berbagai macam perubahan dan transisi layanan secara efektif dan efisien. Selain itu service transition juga bertujuan untuk menyediakan panduan best practice dan pegangan di dalam pengembangan dan peningkatan kapabilitas transisi pada layanan-layanan baru
serta pada perubahan layanan ke lingkungan operasional. Perubahan-perubahan yang dimaksud pada layanan berbasis TI di antaranya yaitu rilis perencanaan layanan, proses pembuatan layanan, pengujian terhadap layanan, serta evaluasi dan deployment terhadap layanan.
Terdapat dua kelompok service transition
1. Proses yang mendukung seluruh service lifecycle
- Change management : manajemen perubahan atau transisi individu dan perusahaan ke kondisi yang lebih baik
- Service Asset and Configuration Management (SACM) : manajemen dukungan aset dan informasi yang berkaitan ke perusahaan
- Knowledge management : manajemen pengetahuan (knowledge), knowledge diperoleh dari sekumpulan data melalui pola (pattern) yang bertujuan untuk pengambilan keputusan pada organisasi.
- Transition planning and support : perencanaan semua sumber daya TI di dalam penyediaan layanan, produk, jasa pada organisasi
- Release and deployment management : membantu di dalam rilis deployment ke production serta efektifitas service untuk meningkatkan manfaat/nilai (value) yang diperoleh oleh organisasi/perusahaan dari penggunaan TI.
- Service testing and validation : menjamin service dapat memberikan nilai lebih/manfaat bukan saja ke penerima layanan (konsumen/pelanggan/nasabah) tapi juga ke organisasi/perusahaan bersangkutan.
- Change evaluation : evaluasi perubahan, menilai apakah perubahan akan memberikan dampak baik/buruk ke organisasi/perusahaan
Komentar
Posting Komentar