Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Continual Service Improvement
Nama : Kadek Swasty Maha Rani
NIM : 2105551004
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Layanan TI (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Continual Service Improvement
(CSI)
Pada artikel kali ini kita akan membahas kembali bagian utama pada ITIL yaitu pada bagian Continual Service Improvement (CSI).
Continual Service Improvement atau biasa disingkat CSI adalah proses proses yang dilakukan untuk mendokumentasikan proses, tahapan, dan hasil identifikasi. Proses ini tuga termasuk perbaikan terhadapt standarisasi-standarisasi yang digunakan oleh perusahaan, sejauh mana keterlibatan karyawan (SDM) dalam bisnis perusahaan, serta peneylesaian dari siklus Plan Do Check Act (PDCA) untuk meningkatkan layanan yang diberikan kepada konsumen.
Plan Do Check Act adalah metode menajemen penyelesaian masalah dengan empat langkah berulang, yaitu perancangan (plan), tindakan (do), pengecekan (check), dan aksi (act).
Sumber : https://shiftindonesia.com/wp-content/uploads/2020/03/PDCA.jpg |
- Plan, plan adalah tahapan perancangan yang dimulai dengan identifikasi masalah dengan memanfaatkan teknik 5W + 1H.
- Do, tahap selanjutnya adalah mulai mengerjakan hal-hal yang telah direncanakan sebelumnya.
- Check, chek adalah tahap pemeriksaan yang intensif. Check dilakukan dengan mengaudit, eksekusi dan memantau apakah rancangan tersebut sudah sesuai dengan rancangan awal.
- Act, pada tahap ini adalah implementasi rancangan yang sudah dievaluasi sebelumnya.
Continual Service Improvment memiliki tujuan untuk memeberikan paduan bagi perusahaan dalam menyusun dan memelihara kualitas layanan, mulai dari proses desain, transisi, dan pengoperasiannya. CSI juga bertujuan untuk mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas seperti PDCA untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan serta optimalisasi layanan denganbiaya seminimal mungkin.
Terdapat 7 langkah pada CSI
Sumber : https://www.researchgate.net/publication/263050260/figure/download/fig2/AS:407740796162048@1474224389189/Continual-Service-Improvement-CSI-Process.png |
Tahapan pertama adalah menentukan bagian mana yang menjadi dasar pengukuran. Langkah ini dijawab dari strategi service atau desain service.
2. Waht can you measure?
Pada bagian ini kita mengetahui apa saja yang dapat diukur, jawaban ini ada pada service level agreement (SLA)
3. Gather the data
Tahap pemantauan atau monitoring, tahap ini dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan tool monitoring.
4. Process the data
Data yang didapat diproses dan dibandingkan dengan CSF (Critical Success Factor) atau KPI , atau tools objective target lainya. Bandingkan bagaimana kinerjanya.
5. Analyse the data
Melakukan analisa data terhadap parameter pencapaian, trend, dan dampaknya terhadap servis atau bisnis Anda
6. Present the information
Mengolah data menjadi informasi,
menampilkan data menjadi tools improvement
7. Implement corrective action
Melakukan tindakan perbaikan
terhadap inputan yang menjadi dasar improvement
Komentar
Posting Komentar