Information Technology Infrastructure Library
Nama : Kadek Swasty Maha Rani
NIM : 2105551004
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Layanan TI (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Information Technology Infrastructure Library
Seiring waktu teknologi informasi terus meningkat secara eksponensial, di mana organisasi, perusahaan atau intansi mulai memanfaatkan teknologi informasi yang di mulai pada era 1980-an. Setiap perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi ataupun memili depertemn TI di dalamnya perlu untuk beradaptasi dengan perkembangan dan inovasi yang ada. Oleh karena itu diperlukan pendukung berupa kerangka kerja (framework), best practice, dan pedoman bagi persusahaan tersebut. Kerangka kerja yang dapat diguankan yaitu ITIL, Information Technology Infrastructure Library.
Sumber: https://itchronicles.com/wp-content/uploads/2020/02/bigstock-Itil-Information-Technology-I-321145564.jpg |
Apa itu ITIL ?
- ITILv1 yang dirilis pada tahun 1980, ketika masa awal masifnya penggunaan IT
- ITILv2 yang dirilis pada tahun 1990, ketika awal masifnya penggunaan IT dan internet
- ITIL v3 yang dirilis pada tahun 2000, ketika awal masifnya internet untuk bisnis atau industri
- ITILv4 yang dirilis pada tahun 2019, ketika masa industri 4.0
ITILv3 vs ITILv4 ?
ITILv3
- Strategi layanan (service strategy)
- Desain layanan (service design)
- Transisi layanan (service transision)
- Operasi layanan (service operation)
- Peningkatan layanan berkelanjutan (Continual Service Improvement)
ITILv4
- Collaborate
- Work holistically
- Focus on value
- Design for experience
- Start where you are
- Progress iteratively
- Observe directly
- Be transparent
- Keep it simple
Perbedaan
- ITILv4 dirancang agar lebih fleksibel
- ITILv4 menawarkan pandangan holistik yang lebih baik dibandingkan ITILv3
- ITILv4 lebih berfokus pada konsep biaya, hasil, risiko dan nilai
- ITILv4 menawarkan peningkatan kolaborasi, memfasilitasi komunikasi di seluruh organisasi
- ITILv4 menawarkan integrasi sistem dan strategi ITSM, antara lain dengan memanfaatkan Agile dan DevOps
Apa Peran ITIL ?
- Menawarkan pendekatan tebaik untuk penyedia layanan berbasis IT dan manajemen layanan berbasis IT pada perusahaan atau organisasi
- Menawarkan pendekatan berbasis best practice di sektor publik, swasta, dan internasional
- Dapat digunakan oleh semua perusahaan atau organisasi yang menginginkan penyelarasan kebutuhan dengan layanan TI
- Membantu perusahaan atau organisasi untuk mencapai tujuan bisnis melalui manajemen resiko secara lebih baik dan efektif
- Membantu meningkatkan hubungan antara perusahaan atau organisasi dengan publik, menghemat anggaran dan biaya, serta menciptakan lingkungan TI yang tumbuh secara bebas dan dinamis
Apa Manfaat ITIL ?
- Meningkatkan Return on Investment (RoI) di bidang TI
- Meningkatkan kapabilitas dan produktivitas
- Meningkatkan kepuasan pengguna atau clien ari perusahaan
- Meningkatkan pendapatan dan hasil pemanfaatan aset perusahaan.
- Meningkatkan hubungan baik antara perusahaan sebagai penyedia layanan dengan publik atau konsumen sebagai pengguna layanan
- Membantu perusahaan atau organisasi untuk mengikuti perkembangan terkini di bidang IT beserta dengan perubahan-perubahan.
- Membantu proses integrasi layanan berbasis TI
Komentar
Posting Komentar