Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Service Design

 Nama                                    : Kadek Swasty Maha Rani

NIM                                        : 2105551004

Prodi/Fakultas/Universitas   : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana

Mata Kuliah                            : Manajemen Layanan TI (B)

Dosen                                      : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.


SERVICE DESIGN





Lima bagian utama ITIL Framework

1. Service Strategy
2. Service Design
3. Service Transition
4. Service Operation
5. Continual Service Improvement

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagian Service Strategy Design

Desain merupakan suatu hal yang penting sebagai rancangan awal apa yang akan dibuat. Dalam manajemen layanan berbasis TI juga memerlukan perancangan desain terlebih dahulu agar dapat memberikan layanan yang maksimal. Desain yang dilakukan mengacu pada apa yang menjai tujuan bisnis perusahaan tersebut. Sebagai contoh suatu perusahaan dengan tujuan bisnisnya adalah memberikan kenyamanan pada konsumen, maka desain layanan TI harus dapat membuat konsumen merasa nyaman. 

Service design bertujuan untuk memberikan panduan penyediaan layanan berbasis TI kepada bisnis atau perusahaan yang mengimplementasikan TI tersebut agar dapat mendesain, mengimplementasikan, dan menyediakan layanan berbasis TI secara sistematis dan sesuai dengan best practice pada kaidah ITSM.

Dalam service design terdapat sejumlah prinsip dan metode untuk melakukan sesain layanan berbasis TI serta panduan dan prinsip untuk melakukan konversi dari tujuan bisnis dan tujuan strategi perusahaan menjadi sebuah protofolio layanan berbasis TI. Selain itu service design juga memeuat orinsip-prinsip dan metode-metode desain untuk memanajemen berbagai aset pendukung layanan berbasis TI yang dimiliki oleh perusahaan.

Service design tidak hanya mencakup desain layanan berbasis TI pada perusahaan, service design juga memiliki ruang lingkup pada proses-proses perubahan dan upaya-upaya peningkatan kualitas layanan serta mencakup kontinuitas dari layanan dan kinerja layanan.

Terdapat tujuh proses pada service design, yaitu :
  1. Service Catalog Management, yaitu manajemen terkait catalog atau profile layanan
  2. Servuce Level Management, yaitu manajemen terkait kepastian layanan sesuai kontrak atau kesepakatan
  3. Supplier Management, yaitu manajemen terkait penyedia layanan sesuai strategi bisn
  4. Capacity Management, yaitu manajemen terkait penggunaan 
  5. Availability Management, yaitu menajemen terkait memastikan layanan agar selalu ada atau tersedia
  6. IT Service Continuity Management, yaitu manajemen terkait keberlangungan layanan berbasis TI
  7. Information Security Management, yaitu manajemen terkait keamanan informasi

Bagian ITIL selanjutnya akan dijelaskan pada artikel berikutnya..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Continual Service Improvement

Bagian Utama ITIL (Information Technology Infrastructure Library) : Service Transition