Information Technology Service Management
Nama : Kadek Swasty Maha Rani
NIM : 2105551004
Prodi/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Udayana
Mata Kuliah : Manajemen Layanan TI (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
KONSEP DASAR SERVICE
sumber :https://www.omsetgo.com/case-study-blog/kenapa-digital-marketing-customer-service-communication-penting |
Ketika ingin melakukan transaksi melalui Bank, tentunya kita akan bertemu dengan customer service yang membantu kita untuk menyelesaiakn proses transaksi yang ingin dilakukan. Customer service akan memberikan pelayana terbaiknya sehingga dapat mempermudah aktivitas kita di bank. Bank secara khusus menyediakan SDM yang bertugas sebagai customer service untuk kepentingan dan kepuasan pelanggan.
Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa service atau pelayanan merupakan salah satu hal yang penting bagi bisnis atau perusahaan. Secara umum service dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau jasa yang ditawarkan kepada orang lain. Menurut Hermawan Kertajaya, service atau layanan merupakan pradigma bisnis atau perusahaan yang bertujuan untuk memberikan nilai terbaik kepada customer serta menambah nilai dari bisnis atau perusahaan itu sendiri.
Service atau pelayanan tersebut dapat ditawarkan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang biasa disebut dengan Information Technology Service Management (ITSM). ITMS merupakan upaya untuk menyediakan layanan oleh perusahaan atau bisnis yang berbasis IT yang bertujuan untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, hingga kepercayaan publik. ITMS ini ini juga mencakup proses merancang, mengelola, dan meningkatkan layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Contoh penggunaan teknologi informasi dalam memberikan service kepada customer yaitu penggunaan aplikasi mobile untuk transaksi bank, layanan aplikasi pemesanan dan pengantaran makanan atau minuman, layanan aplikasi market place, layanan pembayaran secara cashless dan masih banyak lagi.
Dengan pemanfaatan teknologi informasi dalam memeberikan pelayanan dapat memberikan banyak kemudahan bagi pihak penyedia layanan serta pihak yang ditawarkan pelayanannya. Beberapa manfaat yang didapatkan dengan adanya ITSM yaitu :
- menyelaraskan prioritas bisnis perusahaan dengan bagian atau tim IT
- lebih berorientasi pada kepuasan pelanggan
- meningkatkan kolaborasi antar unit dalam perusahaan
- meningkatkan efektifitas dan efisinsi koordinasi antar unit di dalam menyelesaikan permasalahan internal perusahaan terkait dengan layanan produk dan IT
Luasnya cakupan service dan penyediaan service tersebut sehingga membutuhkan management yang baik untuk setiap service. Lalu bagaimana management service yang baik? akan dibahas selanjutnya.
Komentar
Posting Komentar